Olahraga Ringan di Depan Komputer

Kebanyakan orang zaman sekarang seringkali beraktivitas di depan komputer, dalam waktu yang tidak sebentar. Mulai dari pelajar/mahasiswa yang mengerjakan tugasnya atau sekedar belajar melalui komputer, pekerja kantoran yang bekerja seharian di depan komputer, sampai orang-orang yang mengalami kegabutan dan memilih komputer sebagai media pengisi kegabutan mereka.

Namun, kamu pasti tahukan, bahwa berlama-lama di depan komputer sebenarnya tidak terlalu baik untuk kesehatan? Apalagi bagi kamu yang melakukan pendekatan salah dalam menggunakannya. Kamu sebenarnya dapat dengan mudah mengurangi dampak yang tidak baik dari berlama-lama di depan komputer, berikut TerGabut.com telah kumpulkan cara berolahraga ringan di depan komputer.

1. Sesuaikan Posisi Duduk


Ilustrasi posisi duduk
Ilustrasi posisi duduk. Gambar: brightside.me
Ketika melakukan olahraga dengan posisi yang tidak benar, apa yang akan terjadi? Pasti berdampak buruk bukan? Nah, begitu pula dengan posisi duduk di depan komputer. Kamu haruslah menyesuaikan posisi duduk dengan benar supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Duduklah di depan komputer dengan posisi punggung ditegakkan, menarik bahu sedikit ke belakang, dan pastikan mata berada pada posisi yang sejajar dengan layar.

2. Peregangan Ringan

Peregangan ringan
Peregangan ringan. Gambar: detik.com
Kamu dapat melakukan peregangan ringan/olahraga ringan saat kamu sudah merasa kecapekan, pegal, ataupun secara rutin dengan cara sebagai berikut:
  • Leher: tundukkan, menengadah, kemudian miring ke bahu kiri dan kanan. Lalu angkat leher kembali, tengok kanan dan kiri sampai otot leher terasa tertarik;
  • Bahu: putar bahu kanan dan kiri secara bergantian sebanyak kurang lebih sepuluh kali;
  • Pergelangan tangan: putar pergelangan tangan kanan dan kiri searah jarum jam serta sebaliknya, masing-masing sebanyak kurang lebih 10 kali.
  • Pergelangan kaki: putar pergelangan kaki kanan dan kiri searah jarum jam sebanyak tiga kali, begitu pula sebaliknya.

3. Berdiri

Berdiri
Berdiri. Gambar: iwellnesslife.com
Dalam kondisi yang memungkinkan, berdirilah setiap 30 menit sekali, berjalan sejenak sambil menghela nafas untuk meregangkan otot-otot yang lelah karena berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama.

4. Alihkan Pandangan

Mengalihkan pandangan
Mengalihkan pandangan. Gambar: wikihow.com
Untuk mencegah mata yang lelah, sekali dalam 20 menit, alihkan pandanganmu dari komputer dan fokuskan ke objek yang berada cukup jauh dari tempatmu duduk, tetapi jika kamu dengan alasan tertentu tidak bisa mengalihkan pandangan, maka cukup tutup matamu, untuk keduanya lakukan selama kurang lebih 20 detik.

Namun, jika tidak memungkinkan pula untuk melakukannya setiap 20 menit, lakukan pada saat setiap matamu terasa sudah lelah.


Lakukan olahraga ringan tersebut untuk menjaga kesehatan dan energimu selama beraktivitas di depan komputer. Punya tips lain? Jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom komentar, ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.